Senin, 07 Oktober 2013

bisnis

1.     Perbedaan perdagangan internasional dan pemasaran internasional
·         Perdagangan Internasional
merupakan transaksi antar negara biasanya dilakukan dengan cara ekspor dan impor. Perdagangan internasional ini menitikberatkan kepada hubungan ekonomi antar Negara. Perdagangan internasional ini dilakukan oleh negara maju dan berkembang
·         Pemasaran Internasional
merupakan keadaan suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep prinsip  aktivitas dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.  Transaksi bisnis internasional semacam ini dapat ditempuh dengan cara :
1. Licencing
2. Franchising
3. Management Contracting
4. Marketing in Home Country by Host Country
5. Joint Venturing
6. Multinational Coporation (MNC)
Perbedaan utama terletak pada perlakuannya dimana perdagangan internasional dilakukan oleh negara sedangkan pemasaran internasional adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menentukan kegiatan bisnis yang lebih aktif, lebih progresif dibandingkan perdagangan internasional.
2.     Alasan negara melakukan bisnis internasional
·         Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis, baik pemerintah maupun swasta, yang melibatkan dua negara atau lebih. Suatu Negara ataupun suatu perusahaan melakukan transaksi bisnis internasional baik dalam bentuk perdagangan internasional pada umunya memiliki beberapa pertimbangan ataupun alasan. Bisnis internasional memang tidak dapat dihindarkan karena sebenarnya tidak ada satu Negara pun didunia yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam modal maupun sumber daya manusia. Beberapa alasan adanya bisnis internasional yaitu : melayani permintaan konsumen dengan memperluas daerah pemasaran, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat, memperoleh akses bahan baku pengetahuan tekhnologi untuk meningkatkan daya saing perusahaan.
3.     Faktor yang mempengaruhi bisnis internasional
·         Teknologi
Perbedaan teknologi memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi dan mengimpor barang atau mesin yang lebih modern
·         Perbedaan Sumber Daya Alam
Perbedaan sumber daya ini juga tergantung pada kondisi wilayah di negara tersebut. Misalnya di Indonesia daerahnya sangat cocok untuk pertanian, Sedangkan negara jepang dikenal sebagai negara industri teknologi
·         Legal
jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
·         Hubungan ekonomi
berupa pertukaran hasil atau output negara satu dengan negara lain, seperti halnya dengan hubungan ekonomi antara perorangan, hubungan ekonomi antara negara bisa dilihat dari segi konsekuensinya terhadap posisi hutang-piutangnya, atau dari segi hubungan kreditnya.
·         Selera
Setiap negara dalam memproduksi barang kemungkinan mempunyai kesamaan, tetapi mempunyai selera yang berbeda juga. Hal inilah yang mendorong kegiatan perdagangan antarnegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar