·
Perdagangan
Internasional
merupakan transaksi antar negara biasanya dilakukan dengan cara ekspor dan impor. Perdagangan
internasional ini menitikberatkan kepada hubungan ekonomi antar Negara. Perdagangan
internasional ini dilakukan oleh negara maju dan berkembang
·
Pemasaran Internasional
merupakan keadaan suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu
transaksi bisnis lebih dari satu negara. Pemasaran
internasional merupakan penerapan konsep prinsip aktivitas dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide,
barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara. Transaksi
bisnis internasional semacam ini dapat ditempuh dengan cara :
1. Licencing
2. Franchising
3. Management Contracting
4. Marketing in Home Country by Host Country
5. Joint Venturing
6. Multinational Coporation (MNC)
2. Franchising
3. Management Contracting
4. Marketing in Home Country by Host Country
5. Joint Venturing
6. Multinational Coporation (MNC)
Perbedaan
utama terletak pada perlakuannya dimana perdagangan internasional dilakukan
oleh negara sedangkan pemasaran internasional adalah kegiatan yang dilakukan
oleh perusahaan yang menentukan kegiatan bisnis yang lebih aktif, lebih
progresif dibandingkan perdagangan internasional.
2. Alasan negara melakukan bisnis internasional
·
Bisnis
Internasional adalah semua transaksi bisnis, baik pemerintah maupun swasta, yang melibatkan dua negara
atau lebih. Suatu Negara ataupun suatu perusahaan melakukan transaksi
bisnis internasional baik dalam bentuk perdagangan internasional pada umunya
memiliki beberapa pertimbangan ataupun alasan. Bisnis internasional memang tidak
dapat dihindarkan karena sebenarnya tidak ada satu Negara pun didunia yang
dapat mencukupi seluruh kebutuhan negerinya dari barang-barang atau produk yang
dihasilkan oleh Negara itu sendiri. Hal ini disebabkan karena terjadinya
penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam modal
maupun sumber daya manusia. Beberapa
alasan adanya bisnis internasional yaitu : melayani permintaan konsumen dengan
memperluas daerah pemasaran, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang lebih
cepat, memperoleh akses bahan baku pengetahuan tekhnologi untuk meningkatkan
daya saing perusahaan.
3. Faktor yang mempengaruhi bisnis internasional
·
Teknologi
Perbedaan
teknologi memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi dan
mengimpor barang atau mesin yang lebih modern
·
Perbedaan Sumber Daya Alam
Perbedaan
sumber daya ini juga tergantung pada kondisi wilayah di negara tersebut.
Misalnya di Indonesia daerahnya sangat cocok untuk pertanian, Sedangkan negara
jepang dikenal sebagai negara industri teknologi
·
Legal
jenis hukum
asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan
internasional.
·
Hubungan ekonomi
berupa
pertukaran hasil atau output negara satu dengan negara lain, seperti halnya dengan hubungan
ekonomi antara perorangan, hubungan ekonomi antara negara bisa dilihat dari
segi konsekuensinya terhadap posisi hutang-piutangnya, atau dari segi hubungan
kreditnya.
·
SeleraSetiap negara dalam memproduksi barang kemungkinan mempunyai kesamaan, tetapi mempunyai selera yang berbeda juga. Hal inilah yang mendorong kegiatan perdagangan antarnegara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar